21 February 2011

Cara Meningkatkan SEO di blog agar dapat terindeks oleh Google

Secara singkat penjelasan dari kata Search engine optimization (SEO) adalah suatu proses yang dilakukan untuk menghasilkan lalu lintas melalui mesin pencari seperti: Google, Yahoo, Bing, dll. SEO ini merupakan salah satu proses yang dibutuhkan blog karena kebanyakan pengunjung yang dihasilkan berasal dari mesin pencari. Untuk menghasilkan peringkat tertinggi salah satu cara yang dapat kamu dilakukan adalah meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke blog kita, nah dengan begitu peringkat blog kita juga akan terus meningkat.

Blog dapat dioptimalkan untuk kepentingan pengunjung serta pemilik blog tersebut. Meskipun proses indeks mesin pencari (laba-laba) tidak semudah yang dibayangkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan blog anda:

Design Template
Hal ini sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan template default yang disediakan oleh designer template, (dengan tidak menghilangkan hak cipta).  misal: Kamu bertemu dengan orang lain di sebuah tempat mengenakan seragam yang sama. Begitu juga dengan SEO.

Mengoptimalkan Tag
Gunakan tag yang sering digunakan orang untuk blog, semisal : cara, membuat, blog, dan kalimat lain yang sering digunakan layaknya kamu seorang pencari di google.

Menggunakan Kata Kunci
Gunakan selalu kata kunci yang berhubungan didalam memposting blog / artikel, sesuai dengan judul, content, kategori, tag dll. kamu juga dapat menggunakan banyak kata kunci dalam satu alinea postingan. 

Menggunakan RSS Feed
Apabila kamu memiliki langganan RSS tombol yang tersedia di blog. Maka akan lebih mudah untuk pembaca / pengunjung blog kamu, karena akan mempublikasikan artikel - artikel terbaru kamu digoogle via RSS Feed.  

Page Load Template 
Faktor yang terpenting untuk menjadi terdepan di halaman google, cara ini bermanfaat untuk menampilkan blog kita di paling depan saat google mengoptimasikan pencarian ke blog kita. Jika google mengindeks blog kita lebih cepat, maka posisi blog kita akan ditampilkan pada posisi terdepan.

Menambah Link Outbound
Tingkatkan link yang mengarah ke luar postingan kamu, misalnya ke postingan sebelumnya atau postingan yang terkait. Penambahan link outbound yang baik adalah dengan menambahkan link sesuai dengan judul postingan link tersebut, daripada menggunakan kalimat klik disini, disini.


Letak Widget
Ini adalah faktor yang paling utama dari sebelumnya, yaitu menempatkan link-link postingan anda di bagian kiri, kanan, dan atas blog kamu, contoh: Recent post, daftar isi atau sebagian link-link postingan yang lagi dicari saat ini. Jika kamu tidak menggunakan hal tersebut usahakan untuk menghilangkan sidebar yang berada dibagian kiri, kanan atau atas blog kamu untuk tidak ditampilkan di halaman depan blog.

Domain
Sekilas jika kamu mengetikan kata kunci di google, hampir 2-3 halaman google domain selalu terdepan, tapi hal tersebut bisa dikalahkan dengan memperbanyak kata kunci di satu alinea pertama. 

Komentar
Tidak memperbanyak komentar pada postingan sendiri, misal: 1 komentar pengunjung di balas 1 komentar anda dengan kalimat-kalimat yang mengandung spam, melainkan kita yang harus memperbanyak berkomentar di blog lain dengan menggunakan link postingan terbaru dan komentar yang mengandung kata kunci.


Cara mempratekan SEO dapat kamu lakukan seperti dibawah ini:
- Fokus pada 1 keyword, cari yang persaingannya dikit untuk para pemula.
- Fokus pada 1 halaman saja dan HARUS menggunakan artikel unik , yang kemampuan bahasa inggrisnya terbatas dan lebih baik outsource saja.
- Promosikan artikel atau url halaman tersebut hingga terlisting pada search engine dan masuk halaman pertama, atau dapat diusahakan pada posisi halaman kedua terlebih dahulu.
- Hasilnya jika bisa terlisting akan sangat luar biasa karena akan ada banyak traffic yang masuk.
- Jika sudah berhasil menembus halaman pertama untuk kata kunci tertentu targetkan kata kunci berikutnya untuk masuk halaman pertama.
Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para blogger yang ingin meningkatkan traffic di blog nya dan  menambahkan pengunjung yang datang.


5 Comments:

bro jangan tersinggung ya? ini tambahan aja bagi yg mau segala cara kalao aku buat cerita panas dibeberapa tempat,,, hasilnya maknyuuss,, tapi kata temenku dosa,, akh biarin ,,makasih numpang koment,,

wahhh.. klo cerita panas ga ada minat kesana bro.. emang bro ambil bahan nya dari mana sampe bisa buat cerita panas?

perlu berapa bulan kang biarada yang lihat blog kita...............

tergantung gimana cara kamu menjalani tutor diatas.. biasanya 3 - 5 bulan kalau tiap hari update

bro gw belum ngerti heheh http://buatbisnisdoang.blogspot.com/2013/05/kerja-online-tanpa-modal.html blog gw masih baru, minta bimbingan nya apa yang kurang, thx

Post a Comment