26 March 2013

install openvpn untuk remote mikrotik tanpa IP Public


Topologi mikrotik nya sbb:
Internet --> Router Pusat --> Router Wilayah --> Router Mikrotik

Saya tidak memiliki akses ke router kantor dan router wilayah, sehingga saya tidak dapat melakukan port forward. Oleh karena itu saya tidak bisa meremote mikrotik di kantor saya. so, dengan fitur OpenVPN client yang ada di mikrotik saya dapat meremote mikrotik dari manapun.

Adapun yang dibutuhkan untuk OpenVPN client sebuah VPS yang terinstall OpenVPN Server. Kemudian agar VPN-nya ga banyak nganggur, maka saya mau share account vpn, detail dapat dilihat di bawah ini:

untuk di Mikrotik:
1. Download file Certificate sbb:
http://vps1.arie-online.net/client.crt
http://vps1.arie-online.net/client.key

2. Import ke mikrotik via sftp/winbox

3. Winbox --> System --> Cerificates --> Import --> client.crt atau Winbox --> System --> Cerificates --> Import --> client.key
lalu pastikan ada status "KR"

4. Winbox --> Interface --> Add --> OVPN Client --> lalu isikan info sbb
IP : 72.29.68.120
Port : 1000
Mode : ethernet
User : vpnMT
Pass : arieonline
Certificate : cert1
Auth : sha1
Cipher : none
Add default route : unchecked

5. Pastikan connect dan mendapatkan IP dgn network sbb 192.168.11.0/24

6. Catat IP address nya

Instalasi OpenVPN di mikrotik selesai


untuk di client (windows or linux):
1. Download file sbb
http://vps1.arie-online.net/pass.txt
http://vps1.arie-online.net/tcp-1000.ovpn

2. Install OpenVPN
windows : install openvpn http://swupdate.openvpn.org/community/releases/openvpn-2.2.2-install.exe
ubuntu : apt-get install openvpn

3. Windows : klik kanan file tcp-1000.ovpn, pilih "Open with OpenVPN"
ubuntu : sudo openvpn tcp-1000.ovpn

4. Pastikan connect dan mendapatkan IP dgn network sbb 192.168.11.0/24

Instalasi OpenVPN di client selesai
sekarang buka winbox nya dan gunakan IP mikrotik tsb, sudah bisa remote mikrotik-nya

Catatan:
Ini merupakan contoh dan sample config, dan karena ini disebar di public, mikrotik anda dapat juga diremote/dibruteforce oleh user yang login ke VPN


Mudah2an bermanfaat, ditunggu saran dan kritik-nya serta saya mohon maaf klo ada kekurangannya soalnya masih baru kenal mikrotik..

25 March 2013

Istilah-istilah dari Google Adsense

Istilah-istilah Google Adsense yang Harus Diketahui Oleh para blogger & Publisher.

Bagi pemula yg baru mengenal Adsense mungkin belum mengetahui istilah-istilah yg sering dipergunakan seperti pada post sebelumnya saya menjelaskan apakah itu adsense???

Disini saya menjelaskan beberapa istilah yang sering digunakan dalam google adsense, perlu untuk diketahui sebelum bermain adsense, langsung saja:

1. Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yg sudah bergabung dengan Google AdSense dan sudah pula memasang iklan adsense di website / situs mereka.

2. Ads Units
Yg dimaksud dengan Ads Units adalah iklan adsense itu sendiri. Ads Units ini terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yg paling umum adalah jenis Text Ads. Pada saat pengunjung meng-klik unit iklan ini, maka, jika valid, publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya. Dalam satu halaman, publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal tiga buah Ads Units.

3. Link Units
Link Units hampir sama dengan Ads Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yg biasa kita temui di situs-situs lainnya. Yg membedakan Link Units dengan Ads Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung meng-klik salah satu Ads Unit yg ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ads Units biasa. Dalam satu halaman situs, publisher diperbolehkan untuk memasang satu buah Link Units saja.

4. Adsense for Content
Yg dimaksud Adsense for Content adalah iklan Adaense yg dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yg muncul adalah iklan yg berhubungan dengan isi halaman tersebut, atau istilahnya menggunakan konsep contextual.

5. Alternate Ads
Pada Adsense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yg berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi maka secara default yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika di-klik, iklan ini tidak menghasilkan apapun bagi publisher.
Untuk mengatasinya, google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ads Units yg dibuat telah di setting dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ads Units tersebut tidak dapat tampil, yg muncul adalah iklan alternatif yg tersetting didalamnya.

6. Adsense for Search
Selain memasang iklan, publisher Adsense juga dapat memasang form search box di situs mereka. Form ini dinamakan Adsense for Search. Apabila ada pengunjung yg melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman hasil pencarian yg bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units, publisher akan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yg ada di halaman tersebut di-klik.
Publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 2 buah form Adsense for Search dalam satu halaman. Selain itu publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak lain.

7. Referrals
Referrals adalah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia Adsense. Ya, publisher dapat melakukan iklan referral, baik berupa banner maupun text, di situs mereka. Yg perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana publisher baru akan dibayar apabila pengunjung yg mengklik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu.
Misalnya, pada iklan referral Adsense, pengunjung yg meng-klik iklan dan bergabung dengan Google Adsense baru akan menghasilkan pemasukan bagi publisher apabila pengunjung tersebut meraih $100 dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari). Saat ini ada 3 macam iklan referral, yaitu Adsense, AdWords, dan Firefox.

8. Channels
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ads Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu lebih, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa perfomance Adsense mereka.
Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yg sama pada unit-unit iklan yg ada di satu situs. Jika mau lebih details, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yg berbeda untuk tiap-tiap unit iklan di tiap situs. Yg perlu diingat, maksimal jumlah Channels yg diperbolehkan saat ini adalah 200 buah.

9. Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yg menunjukkan berapa kali halaman yg mengandung Ads Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ads Units yg ada di dalam halaman yang bersangkutan.

10. Clicks
Rasanya tidak perlu diterangkan panjang lebar. Clicks adalah jumlah klik pada Ads Units milik publisher. Dalam halaman laporan Adsense, publisher dapat melihat total klik yg di dapatkan, baik dari Ads Units maupun Channels nya.

11. CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ads Units dengan jumlah tampilan Ads Units tersebut. Misal, satu Ads Units yg ditampilkan 40 kali dan di klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40). Berapa nilai CTR yg ideal??? Hal ini sulit ditentukan karena terpengaruh oleh banyak faktor, seperti sumber datangnya pengunjung, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Untuk situs yg padat pengunjung misalnya, nilai CTR antara 8 – 10% sudah termasuk ideal.

12. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apabila Ads Units tertentu di klik. Nilai CPC masing-masing Ads Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yg ditawarkan pemasang iklan.

13. eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yg didapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yg menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).
Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat secara garis besar melihat kesuksesan Channel / Ads Units-nya berdasarkan eCPM Channel atau Ads Units tersebut.

Bagi yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Google Adsense, silahkan cek artikel yang sebelumnya APA SIH GOOGLE ADSENSE ITU???

Apa sih Google Adsense itu???


Apa sih Google Adsense itu??? Sebelum melangkah jauh saya ingin bercerita dari Nol dulu. Karena tidak semua Orang tahu Apa itu Google Adsense.

Google Adsense adalah sebuah program Gratisan yang diluncurkan dari Sebuah Perusahaan Besar yaitu Google.inc. Perusahaan itu beralamat di USA (United States of America). Sejak tahun 2006 Google Adsense menjadi fenomena untuk mendapatkan pendapatan online dan masih tetap eksis sampai saat ini.

Tahun semakin tahun banyak orang yang tertarik untuk mengais rezeki dari Google Adsense program termasuk saya sendiri jadi publisher google adsense. Banyak para pemilik website / situs memasangkan kode adsense di situsnya, Berlomba-lomba pemilik website / situs untuk mendapatkan Pengunjung dan mendapatkan Dollar setiap kali iklan di klik pengunjung. Google Adsense seperti menjadi Ladang Bisnis yang luar biasa besar dan menggiurkan.

Hanya bermodalkan website / situs ataupun blog yang sudah disediakan oleh google maka kita sudah bisa mengais Dollar dari Google Adsense. Dan sudah banyak yang membuktikan potensi penghasilan dari google adsense membuat orang jadi tergoda, contohnya banyak teman teman saya yang sudah merasakan manisnya Dollar dari Google Adsense, termasuk saya juga. Ada yang berpenghasilan Puluhan Dollar perbulan, ada yang sudah ratusan dollar perbulan bahkan sudah banyak yang berpenghasilan ribuan dollar dari Google Adsense, sangat luar biasa.

Apakah segampang itu??? tentu tidak. Memang sepertinya terlihat gampang, tapi ternyata cukup sulit juga. Lalu bagaimana agar bisa berhasil di Google Adsense??? Disini saya ingin memberi poin besarnya saja terlebih dahulu, nanti akan dilanjut pada postingan berikutnya.

Beberapa hal yang dibutuhkan agar bisa sukses di Google Adsense:
1. Sudah memiliki website / situs, blog, dan akun (account) Google Adsense.
2. Website diusahakan berbahasa Inggris, kenapa harus bahasa Inggris??? (untuk mendapatkan penghasilan lebih besar) Setahun yang lalu Google Adsense belum Support di Bahasa Indonesia. Selain itu Google Adsense di website / situs yang berbahasa Inggris harga per kliknya lebih besar dari web / situs bahasa Indonesia.
3. Website memiliki traffik/kunjungan dan sangat bagus traffik datangnya berasal dari Search Engine.
4. Tampilan website harus disesuaikan dengan Tema Web dan posisi penempatan iklan juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi themes agar terlihat dinamis.
5. Semangat dan tidak pernah bosan, ini saya masukan dalam Poin Besar alasanya karena membangun website itu terkadang membosankan dan jenuh, lah gimana gak membosankan kerjaanya buat artikel terus. Jadi kalo mau sukses di Google Adsense harus belajar mencintai dunia Online dan hobi menulis.

Sementara ini dahulu tulisan saya, mungkin dalam beberapa edisi ke depan hanyalah masalah pengetahuan tentang google adsense untuk pemula, tujuannya tidak lain yaitu supaya lengkap dari nol dibahas di website ini.



Kunjungi:
TIPS MEMBUAT KONSEP CONTENT ONLINE
BISNIS ONLINE SFI AFFILATE CENTER
VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT ATAU VCC

24 March 2013

Review: Google Nexus 7 Tablet!

Google may be a little late to the tablet party, but its Nexus 7 should make plenty of friends.



After the iPad came out in 2010, many electronics companies attempted to cash in on the craze by rushing out their own tablet devices, many of them running Google’s Android software.

But besides Apple, only Amazon has been able to really make a name for itself in the tablet market. At $199—well below the price of most other contenders—the Kindle Fire became a consumer hit.

Google has been paying close attention from the sidelines, and now it’s ready to join the party with the Nexus 7, a tablet it developed with the help of Taiwanese computer maker Asus. The Nexus 7, announced this week at Google’s annual I/O conference in San Francisco and due out in July, takes plenty of cues from the Fire, from its seven-inch display to its $199 price tag. Yet while the Fire is a great little tablet, Google’s ability to control the hardware, software, and app ecosystem make the Nexus 7 even greater. And since the Nexus 7 will be bundled with a $25 Google Play credit, the price is really more like $174.

On the surface, Google’s tablet is low on frills: there is no HDMI output or rear-facing camera, for example. But the device is strong and solid in your hands, with a dimpled, soft-feeling plastic back, two buttons on the right side (for power and volume), and a bright, crisp screen. At 12 ounces, it’s lighter than the Fire, which weighs in at 14.6 ounces. It also includes near-field communications capabilities, so on the rare occasions that you’re with someone who has an NFC-enabled Android device, you can beam content like photos and videos to each other directly.

The combination of Jelly Bean, the newest version of Android, with the zippy quad-core Nvidia Tegra 3 processor makes the Nexus 7 a fast machine. Running apps and games and playing TV shows was smooth and fast, and generally without hitches. The tablet did get warm while I used it, but not hot.

The Nexus 7, featuring the latest Android operating system, known as Jelly Bean, is a great device for its price.

Jelly Bean reflects a bunch of changes, the most noticeable of which is Google Now, Google’s answer to Apple’s personal assistant, Siri. To use Google Now, just press the virtual Home button at the bottom of the display and swipe upward. This brings up a page with a search box and a series of on-screen “cards” that you can scroll through to see things like local weather and traffic, nearby businesses, calendar appointments, and information on flights or sports teams you’ve previously searched for.

Google Now is meant to get smarter over time, so it’s too soon to tell just how helpful it could be. I like the idea of a personal assistant that doesn’t require explicit directions, though.

Google Now also includes voice control. To activate it, just say “Google”; ask things like “What time is it in Singapore?” or “Where’s the nearest gas station?” and it will answer in a surprisingly human-sounding female voice. If it doesn’t know the answer, it will—naturally—Google for it.

Though it seemed to understand me well, the system still needs work when it comes to performing tasks. When you ask a question, it transcribes it onto the Nexus 7′s screen, so I know it understood the command “Set an alarm for 3:30 p.m. tomorrow.” Yet it responded by setting an alarm for 3:30 p.m. that same day.
Jelly Bean makes it possible to view maps without an Internet connection. When looking at a map in Google Maps, you can choose “Make available offline” from a drop-down menu, determine the area of the map you’d like to use, and download it to your tablet (a more limited version of this feature is already available in the Android version of Google Maps). This technology seems better suited for urban exploring than long road trips, though, as the largest map I was able to download was a bit smaller than 60 by 60 miles.

Jelly Bean also introduces a clever update to the existing feature that uses facial recognition to unlock the device: it requires a user to blink before the tablet will unlock. This still isn’t that secure, but it should make it harder for someone to unlock your tablet with a photo of your face (instead, perhaps they’d have to use a blinking GIF). Sometimes the feature didn’t work, but I was impressed by how often it did.

The Nexus 7′s display is slightly higher-resolution than the Fire’s—1,280 by 800 pixels, or 221 pixels per inch. It’s impressive, given the tablet’s price. An episode of the TV show Smash that I downloaded from the Android app and digital content store google play looked excellent on the Nexus 7′s screen, with rich colors, high levels of detail, and good viewing angles. Videos streamed via Wi-Fi from YouTube looked great, too.

The tablet is also good for reading. It is easy to hold in one hand for an extended period of time, and Web pages rendered quickly and were easy to read. Books downloaded from Google Play appeared crisp.

The device is rated for up to eight hours of battery life during what google terms “active use”; in the short testing period, I found it held up decently.

If you want to listen to music with the Nexus 7, you may want to hook it up to an external source or plug in some headphones. There’s a skinny speaker on its rear that produces decent sound, but it won’t blow you away. It’s also slightly inset, which means it doesn’t get muffled when you place the tablet on its backside.

No tablet is perfect: the Nexus 7 comes with a piddly eight gigabytes of internal storage, and there’s no microSD card slot to add more. My music collection alone takes up a lot more than eight gigabytes, so I’d be inclined to pay $249 to get the 16-gigabyte version.

The tablet also has a front-facing camera for video chats, but it’s not very good. I tried connecting with a friend over Google Talk and Skype, and the video quality was poor both times. The sound wasn’t great, either—during one chat attempt, my friend sounded like a computerized version of one of the adult voices in a Charlie Brown cartoon.

Let’s be clear: the Nexus 7 is probably not going to take much market share away from the iPad. If you really want an iPad, you’re going to get one (or whine and beg until someone gets one for you). But if you want a tablet without making so much of a financial commitment, the Nexus 7 is the best choice on the market. Sometimes it pays to be a little late to the party.

Check: 
Google Launches Android Market Webstore 
Specifications of IPhone 4 CDMA